02. SEJARAH

Sejarah Singkat

 

header-2.jpg Jurusan Sastra Indonesia adalah salah satu jurusan di Fakultas Sastra Universitas Andalas. Fakultas Sastra Universitas Andalas mulai berdiri secara resmi dengan keluarnya SK Presiden RI No 39 tahun 1982. Selanjutya pada bulan Desember tahun 1983 menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan SK No 0538/0/1983, tanggal 8 Desember 1983 yang menetapkan jurusan jurusan di Fakultas Sastra sebagai berikut: Sastra Indonesia, Sastra Daerah, Sastra Inggris, Sejarah, Sosiologi.

 

 

Dengan demikian hari ulang tahun Jurusan Sastra Indonesia adalah Tgl.  8 Desember. Pada awal berdirinya, Jurusan Sastra Indonesia berlokasi di Jalan Situjuh Jati Padang.

Selanjutnya, mulai tahun 1990 Jurusan Sastra Indonesia bersama Fakultas Sastra mulai menempati kampus baru di Limau Manis. Mula-mula Jurusan Sastra Indonesia menempati gedung B, kemudian gedung D. Barulah pada tahun 1993, Jurusan Sastra Indonesia menempati kantor yang sekarang ini.

 

Sampai saat ini Jurusan Sastra Indoneia telah memiliki 26 orang dosen. Dari segi pendidikan, 2 di antaranya sudah bergelar doktor, 1 Profesor, 2 orang sedang mengikuti pendidikan doktor, 16 orang master, 2 orang sedang mengikuti S2, dan 4 orang S1.

Berdasarkan daerah asal mahasiswa, mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia tidak hanya berasal dari Sumatera Barat tetapi juga dari daerah-daerah lainnya di Indonesia. Sampai saat ini, Jurusan Sastra Indonesia telah menghasilkan banyak lulusan.

Dari pengamatan jurusan dan informasi dari para alumni, mereka bekerja di banyak sektor yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, bahkan luar negeri, baik di pemerintahan maupun swasta seperti bank, media cetak dan elektronik, LSM, pemerintah daerah, dosen, guru, wartawan, dll.

%d blogger menyukai ini: