Oleh: sastraindonesiaunand | Desember 5, 2007

Pin Emas Buat Istri AA Navis

Pin Emas Buat Istri AA Navis

Padang Ekspres, Rabu, 05-Desember-2007, 12:32:25


05-12-07_hl12-padeks-pin-emas-buat-istri-aa-navis.jpg Padang, Padek—Istri budayawan dan sastrawan Sumbar A A Navis, Aksari Yasin, memperoleh pin emas dari Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi di gedung BKKKS Sumbar, kemarin. Ini tak lepas dari upayanya mempertahankan hasil karya A A Nafis.


Dalam penyerahan pin tersebut, Gamawan Fauzi juga mengajak masyarakat Sumbar untuk menghargai jasa sastrawan lainnya.”Arsip itu bukan hanya sebagai bukti sejarah semata. Tapi, sebagai bahan kajian untuk generasi mendatang dan pembuktian Sumbar mempunyai tokoh terkenal, seperti AA Navis,” ucap Aksari Yasin yang menyerahkan arsip dan memori AA Navis ke Badan Kearsipan Daerah Sumbar. Hadir dalam penyerahan itu, Kepala Badan Kearsipan Daerah Sumbar Eka Nuzla, perwakilan INS Kayutanam, serta sejumlah kepala kantor Arsip Kota dan Kabupaten se-Sumbar dan undangan lainnya. Saat ini menurut Aksari, masih ada tokoh Sumbar yang belum memahami pentingnya Badan Arsip. Sejumlah karya atau dokumen yang mereka miliki terkadang hilang atau luntur dimakan zaman.

Sematkan Pin: Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi (kiri) memasangkan pin emas kepada istri budayawan dan sastrawan Sumbar A A Navis (kanan), Aksari Yasin, di gedung BKKKS Sumbar, kemarin. Atas dedikasinya mengarsip karya AA Navis.

Akibatnya, tidak lagi bisa dikaji atau diteliti. ”Kami (ahli waris AA Nafis, red) bersyukur dan berterima kasih atas perhatian yang diberikan Badan Arsip Sumbar yang mau merawat dan menjaga karya-karya yang telah dibuat suami saya,” kata Aksari. Sementara Gamawan Fauzi mengatakan, penyerahan arsip dan memori AA Navis sebuah langkah yang patut dihargai. Selain sebagai upaya pelestarian budaya, juga bisa dijadikan sebagai bahan kajian bagi pengungkapan sejarah Minangkabau ke depan,” kata Gamawan.

Arsip dari pengarang besar, tambah Gamawan patut dilestarikan dan diabadikan. ”Kita ketahui bersama, selain sebagai tokoh budayawan terkenal asal Sumbar, sosok AA Navis juga merupakan tokoh penting INS Kayutanam dan keberadaan INS ini tidak bisa dilepaskan dari campur tangan AA Navis hingga hari ini,” ujar Gamawan. Sedangkan tujuan penarikan arsip tokoh AA Navis, lanjut Gamawan, untuk memperkenalkan kepada generasi sekarang dan mendatang bahwa negeri ini tidak terjadi dengan begitu saja. Tapi ada pejuang dan pendahulunya, salah satunya AA Navis.

Sementara Eka Nuzla menyebutkan, penyusunan memori dan pengumpulan arsip AA Navis sebagai upaya melengkapi khasanah arsip di Badan Arsip Daerah Sumbar. Kalau tidak dari sekarang dilakukan, kata Eka arsip-arsip asli tentang AA Navis tidak mungkin didapatkan lagi nantinya. ”Kita berharap dengan cara ini dapat memberikan sekelumit informasi tentang sosok AA Navis sebagai salah seorang tokoh, seniman, budayawan dan sastrawan,” terang Eka Nuzla. Jumlah arsip dan memori yang diserahkan berjumlah, 109 karya tulis dan 20 karya foto yang terbungkus dalam empat dus karton. (zil)

http://kotasolok.org/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=8040
Data / Berita Utama

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: